Friday, May 11, 2012

Procedure Kosong dan Disabled semua Textbox VB6


Dalam Tutorial kali ini, saya akan share mengenai cara membuat procedure kosong textbox dan juga cara disabled semua textbox, langsung saja.

Procedure Kosong

Sub Kosong(ByVal formnya As Form)

    Dim ctrl As Control

For Each ctrl In formnya
    If TypeName(ctrl) = "TextBox" Then ctrl.Text = ""
    If TypeName(ctrl) = "ComboBox" Then ctrl.Text = ""
Next
End Sub



Penjelasan : Sub kosong adalah nama Procedure untuk mengosongkan Textbox, byval formnya as form digunakan sebagai parameter. ctrl adalah nama variable digunakan sbgai control atau komponen. For each ctrl in formnya. dimaksudkan untuk memeeriksa semua komponen dalam formnya, jika nama komponennya "TextBox" maka control ("ctrl") propery .Text dikosongkan = "". untuk if yg kedua jika komponen "ComboBox" maka propery .Text dikosongkan = "". Perhatian nama kompnen "TextBox" dan "ComboBox" penulisannya harus sma besar kecil berpengaruh "T" dan "B" dan "C" besar dan sisanya kecil, karena itu nama komponen yang ada di VB. selanjutnya Procedure disabled TextBox.


Procedure Disabled Textbox

Sub Aktif(ByVal formnya As Form, nilai As Boolean)
    Dim ctrl As Control
    For Each ctrl In formnya
        If TypeName(ctrl) = "TextBox" Then ctrl.Enabled = nilai
        If TypeName(ctrl) = "ComboBox" Then ctrl.Enabled = nilai
    Next
End Sub

Penjelasan : Sub Aktif adalah nama Prcedure untuk mengaktifkan atau enabled. byfal formnya as form dan nilai as boolean adalah parameter, kali ini kita menggunakan 2 parameter. yg pertama formnya dan nilai. dimaksudkan untuk mengetahui form mana dan apaka aktif atau non aktif. ctrl adalah nama variable digunakan sbgai control atau komponen. sama spertu sebelumnya "TextBox" dan "ComboBox" penulisan harus sama atau casesensitive.  maka jika ditemukan control dengan nama tersebut property .enabled dari komponen tersebut disamakan dengan nilai, nilai diatas dideklarasikan sebagai Boolean yang berisi True atau False. berarti jika True, Textbox tidak Terkunci atau masih enabled, dan jika false, Textbox Terkunci.

Cara memanggil Procedure diatas. misalkan anda mempunyai beberapa textbox dalam form yang berisi text1, text2 dst. anda bisa langsung panggil di formload.
untuk disabled semua textbox :
call aktif me, false
untuk kosong semua textbox
call kosong me

me adalah nama formnya.

Terima kasih. Mohon Maaf jika masih terdapat banyak kesalan, saya juga masih dalam tahap belajar. Semoga Infonya bermanfaat. Selesai.

1 comment: