Monday, May 28, 2012

Membuat Tampilan Semat Datang VB6

Hai, Semua! kali ini saya ingin berbagi sedikit info mengenai VB6 yaitu cara membuat Tampilan Selamat datang atau Welcome screen, untuk mempercantik program kita, hehe! 

Ini contoh tampilannya :



biasa saja yah!! gak pa-pa deh, cuman sekedar variasi.
buatlah form baru, dan untuk menhilangkan border gunakan property Borderstyle = none, agar terliha polos, bisa juga diset StartupPosition ke center agar pas jalan langsung berada ditengah, dan tambah kan juga beberapa Label, Satu ProgressBar, dan 1 timer agar loading berjalan.


Pada timer berikan Interval berjalannya timer, semakin besar interval maka akan semakin lama berjalannya, Contoh berikan saja inseterval 10, agar cepat loadingnya, berinama Progressbar sebagai Loading, 

Private Sub Form_Load()
Loading.Max = 1000
End Sub

Private Sub Timer1_Timer()
    Loading.Value = Loading.Value + 10
    If Loading.Value = 1000 Then
        Unload Me
        FrmLogin.Show
    End If
End Sub


Lihat Contoh kode diatas, pada form Load saya memberikan ProgressBar 1000, lamanya progressbar berjalan, hitungannya juga saya tidak tahu, coba saja rubah-rubah angkanya, Pada timer, Nilai loading ditambahkan 10 setiap kali timer berjalan, jika loading mencapai nilai 1000 maka keluarkan atau tutup form ini, dan panggil form selanjutnya, misalkan Form login, Selesai. mohon maaf jika ada kesalahan.

Semoga kalian suka!!Terima kasih

2 comments:

  1. cara menginput progfressbar nya dimana masbro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klik menu Project > Components (ctrl + T) : pilih dan centang Microsoft Windows Common Control. nanti progressbarnya ada di toolbox

      Delete