Wednesday, May 23, 2012

Cara membuat koneksi PHP

Ini adalah tutorial PHP yaitu cara membuat koneksi  Database PHP, database yang saya gunkan disini adalah MySQL, untuk pempelajari PHP sebaiknya anda menggunkan Xampp atau wampp, karena itu sudah termasuk PHP, Apache, dan juga Database MySQL. Untuk membuat koneksi caranya cukup mudah inilah contoh kode koneksi PHP :

<?php
$server ="localhost";
$username="root";
$password="";
$database="dbachul";

//koneksi dan memilih database di server
mysql_connect($server,$username,$password) or die("Koneksi gagal");
mysql_select_db($database) or die("database tidak bisa dibuka");
?>

Itu adalah contoh koneksi PHP,  $server adalah nama server database kita, karena kita menggunakan local maka namanya “localhost”, $username adalah nama username Database MySQL user utama yaitu root, $password yaitu password database, MYSQL password root adalah “” (kosong), $database adalah nama Database yang akan digunakan, pada mysql_connect($server,$username,$password) maksudnya megkoneksikan Database or die, berarti jika gagal maka muncul tulisan “Koneksi gagal”, dan setelah mysql_select_db($database)  maksudnya memilih database jika gagal makan “database tidak bias dibuka”. 

Silahkan coba simpan dan berinama koneksi.php pastikan anda menyimpan pada directory localhost, pada xampp terletak pada Xampp/htdocs/namafolderanda/ sebaiknya buat folder didalam htdocs dan simpan file dalam folder tersebut, cara menjalankan buka browser ketikan localhost/namafolderanda/koneksi.php jika berhasil maka akan muncul kosong atau tidak ada apa-apa, jika muncul koneksi gagal, kemungkinan salah pada usename atau password, jika muncul database tidak bias dibuka kemunginan nama database salah. anda bisa memanggil koneksi ini pada kode php anda dengan perintah include "koneksi.php". Terima kasih

Pastikan Apache dan mysql service telah dijalankan,
Saya juga sedang belajar php, jadi mari belajar bersama!!
mohon maaf jika masih ada salah, ^^

No comments:

Post a Comment