Tuesday, May 1, 2012

Cara membuat Table dan Insert data ke Database SQLServer 2000

Disini saya akan menjelaskan cara membuat Table dan cara Memasukan data ke Database SQL Server 2000 dengan menggunakan QueryAnalyzer, Langkahnya :
Buka QueryAnalyzer, anda bisa menggunnakan SQL authentication atau windows authentication, SQL authentication itu untuk login membutuhkan password, password Sql anda saat installing SQL Server.

Pada Query analyzer anda bisa langsung memilih database yang telah anda buat di menu pilihan atau menggunaan query. contoh milih melalu menu pilihan

atau dengan Query : use nama database jika anda belum membuat database anda bisa lihat caranya di
Tutorial membuat database SqlServer 2000, langsung saja saya berikan contoh membuat Table ini dia contoh syntacnya : membuat Table Barang

create table barang
(kodebrg varchar(20)primary key,
 namabrg varchar(30),
 qty int,
 harga float)

seleksi dan run atau tekan F5.
ini dia penjelasannya, Create table nama tabel adalah perintah untuk membuat table contoh diatas adalah membuat table barang, isi dari ( sampai dengan ) adalah  field nya, contoh field diatas adalah kodebrg, namabrg, qty, harga. dan setiap field memiliki typedata, contoh typedata diatas adalah varchar, int, float. sedikit penjelasan mengenai typedata, varchar adalah type data yang dapat diisi dengan huruf dan angka tetapi tidak dapat digunakan sebagai perhitungan matematika atau berupa text, sedangkan int dan float dapat diisi berupa angka saja dan digunakan untuk perhitungan matematika, contoh lain adalah typedata Datetime untuk menyimpan waktu dan tanggal. 

Selanjutnya cara memasukan data atau Insert data ke Table, langsung saja ini dia contoh perintahnya :

insert into barang values('A000','Televisi',40,2100000)

seleksi dan run atau tekan F5.
ini dia penjelasannya, insert into nama table values adalah perintah untuk memasukan nilai ke table, isi dari ( sampai dengan ) adalah isi dari nilai dari field-field yang ada di table tersebut, isi dari beberapa field dipisahkan dengan tanda "," dan harus berurutan sesuai dengan urutan field-field yang ada di table, contoh urutan field diatas adalah, kodebrg,namabrg,qty,harga. untuk mengisi text harus menggunakan tanda " ' " jadi ' isi field ' , untuk data yang bertipe nilai seperti int dan float tidak usah menggunakan tanda " ' " sehingga langsung tulis angkanya.

untuk melihat data tersebut telah tersimpan digunakan perintah Select * from nama tabel. contoh perintah untuk menampilkan seluruh data tabel, yang diatas adalah tabel barang, maka :

Select * from barang

seleksi dan run atau tekan F5.
 tanda * menunjukan bahwa kita Seluruh data sedangkan Select menunjukan Tampilkan, sehingga bisa dibaca tampilkan seluruh data dari table barang. Selesai, Terimakasih!! mohon maaf jika terdapat kesalahan.


No comments:

Post a Comment