Tuesday, May 29, 2012

Cara Backup dan Restore Database SQL Server 2000

Hai, semua! kali ini saya akan berbagi info mengenai cara membuat backup dan restore database pada SQL Server 2000, semoga info ini bermanfaat bagi kalian yang sedang belajar SQL Server 2000. Langsung saja, kalian ikuti langkah-langkah berikut ini. Pertama bukalah SQL Server Enterprise Manager, caranya klik Start Menu, pada SQL Server pilih Enterprise Manager.

Selanjutnya Untuk membuat Backup Database :

Klik kanan pada nama Database anda yang akan di backup dan pilih, All Task > Backup Database ... maka akan muncul tampilan seperti ini :




anda sebenarnya sudah bisa langsung klik Ok, tapi lokasi backup nantinya akan berada pada program file SQL untuk memilih lokasi backup anda klik add dan muncul dialog Backup Destination klik "..." untuk memilih lokasi serta nama backup file kita  :


gambar diatas adalah lokasi tempat kita akan menyiman backup file dan juga nama backup file kita. selanjutnya klik Ok dan akan kembali ke kotak sebelumnya dan klik OK, backup database selesai.

Selanjutnya Restore Database :

misalkan anda tidak sengaja menghapus database anda dan kemudian anda ingin me restore kembali database anda yang telah anda backup tadi, ini dia langkahnya, pertama klik kanan pada Databases kemudian pilih All Task > Restore Database ... maka akan muncul dialog seperti ini : 


Pada Restore as Database diisi dengan nama Database yang akan kita Restore dan pada restore radio button, pilih from Device dan pada parameter klik Select Devices, maka akan muncul dialog Choose Restore Device, klik button Add,  maka akan muncul dialog Choose restore destination klik pada "..." untuk mencari lokasi file backup kita, kemudian klik ok hingga semua dialog tertutup, maka akan muncul pesan Database berhasil di Restore, dan database yang terhapuspun kembali seperti saat diupdate, Selesai.

Semoga info ini bermanfaat!.
Terima Kasih.

1 comment: