Monday, May 7, 2012

Cara Copy dan Attach Database SQL Server 2000

Kali ini saya ingin share mengenai cara copy dan attach database SQL Server 2000, untuk digunakan di komputer lain yang telah terinstall SQL Server 2000, jika anda membuat database dengan query, tanpa merubah lokasi penyimpanan file, maka file Database terletak di C:\Program files\Microsoft SQL Server\MSSQL\Data\ . Dalam setiap satu database terdapat 2 file database, yang pertama dengan format *.mdf dan *.ldf , itu adalah file database dan file Log nya. Jika ingin lebih mudah menemukan File database sebaiknya anda membuat database dengan lokasi file tersendiri. anda bisa lihat Cara Membuat Database dengan QueryAnalyzer dalam lokasi tersendiri.



Selanjutnya, untuk bisa memindahkan file tersebut ke flashdish atau media lainnya anda harus mematikan Service terlebih dahulu, caranya, buka Service Manager. klik icon stop. Setelah service berhenti anda bisa langsung copy file database.

Untuk Attach database, setelah file database dicopy ke folder tertentu pastikan ke 2 file database berada pada satu folder yang sama, buka Enterprise Manager. Expand Microsoft SQL Servers > SQL Server Group > Local.

Enterprise Manager

  Klik kanan pada Databases > All Task > Attach Database ... maka muncul

Attach Database

di kotak MDF file of database to attach : klik tombol "..." untuk mencari file database. cari file Database dan pilih yang memiliki format *.mdf secara otomatis file log *.ldf pun akan di load. Attach as : digunakan untuk memberi nama database, selanjutnya bisa langsung klik OK, dan Database bisa langsung digunakan. Selesai.

Terima kasih Telah mengunjugi blog saya. Semoga bermanfaat.


3 comments: